Hidup Ini Indah Bila Kau Selalu Bersyukur

Wednesday, September 12, 2018
Ruang Lingkup Kesehatan Masyarakat

BAB 2
RUANG LINGKUP KESEHATAN MASYARAKAT

Kesehatan Masyarakat  merupakan ilmu dan seni untuk mencegah penyakit, memperpanjang masa hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat untuk:
        perbaikan sanitasi lingkungan
        pemberantasan penyakit menular
        pendidikan kesehatan perorangan
        pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosa dini dan pengobatan
        pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatannya

Kesehatan masyarakat mencakup multidisplin ilmu atau banyak disiplin ilmu. Ilmu yang mendukung kesehatan masyarakat ini meliputi biologi, kedokteran, kimia, fisika, lingkungan,sosiologi, antropologi, psikologi, pendidikan, dan lain-lain.

Terdapat tujuh pilar utama keilmuan kesmas yaitu epidemiologi, statistik kesehatan (biostatistika), kesehatan lingkungan, Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP), Administrasi Kesehatan Masyarakat, Gizi Kesehatan Masyarakat, serta Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
A.   Epidemiologi
Epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari penyebaran dan determinan penyakit.
Contoh kegiatan dalam kegiatan epidemiologi adalah dilakukannya penelitian mengenai  faktor-faktor penyebab suatu penyakit.

B.   Statistika Kesehatan /Biostatistika
Biostatistika merupakan ilmu yang mempelajari pengumpulan, pengolahan, penyajian, hingga analisis data kesehatan. Contoh kegiatan di bidang statistik kesehatan adalah dilakukannya riset kesehatan dasar, kegiatan ini merupakan kegiatan pengumpulan data kesehatan se-Indonesia, data diolah, disajikan, dan dianalisis sehingga diketahui keadaan kesehatan masyarakat tingkat nasional.

C.   Kesehatan Lingkungan
Kesehatan Lingkungan mempelajari hubungan interaksi manusia /masyarakat dengan lingkungan yang memiliki potensi bahaya penyakit. Contoh kegiatan di bidang kesehatan lingkungan adalah pengawasan Depot Air Minum, pemantauan TPA, Pengawasan jentik  nyamuk.

D.  Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku
PKIP mencakup Pendidikan dalam bidang kesehatan serta tindakan seseorang dalam memelihara meningkatkan kesehatan. Contoh kegiatan di bidang PKIP adalah kegiatan penyuluhan, Fokus Grup Diskusi, dan promosi kesehatan.

E.   Administrasi Kesehatan Masyarakat
Administrasi disebut juga sebagai manajemen kesehatan masyarakat. Administrasi kesehatan masyarakat merupakan proses pengaturan kegiatan kesehatan masyarakat. Kegiatan administrasi ini contohnya adalah kegiatan pengaturan di Puskesmas.  

F.    Gizi Kesehatan Masyarakat
Gizi Kesmas berkaitan dengan gangguan/masalah gizi pada kelompok masyarakat. Di Indonesia terdapat 5 masalah gizi utama yaitu:
1.     Anemia
2.     Kekurangan Vitamin A (KVA)
3.     Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY)
4.     Gizi Kurang     
5.     Obesitas

G.  Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Kesehatan dan Keselamat Kerja (K3) merupakan aplikasi kesehatan masyarakat di suatu tempat kerja. Contoh kegiatan K3 adalah kegiatan promosi di tempat kerja dan adanya HSE officer di suatu perusahaan.


posted by Adila Prabasiwi @ 11:53 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Just The Way I am
About Me

Name: Adila Prabasiwi
Home: Depok, West Java, Indonesia
About Me: Saya hanya manusia biasa yang tak sempurna dan kadang salah
See my complete profile
Previous Post
Archives
Asmaul Husna

jam

Kalender


Jadwal Sholat


Kasih Makan Ikan


Tinggalkan Jejakmu

ShoutMix chat widget
My Facebook
Adila Prabasiwi

Create Your Badge
Links
Powered by

Free Blogger Templates

BLOGGER